Rabu, 01 Juni 2016

Sentra Bordir Busana Muslim Kota Tasikmalaya

Bordir adalah suatu teknik sulaman yang dilakukan dengan menggukanan jarum jahit ataupun benang. Teknik membordir sudah ada sejak lama pada tentara jaman dahulu yang menggunakan teknik bordir dalam pembuatan lambang atau keanggotaan. Tasikmalaya adalah salah satu kota di jawa barat yang terkenal dengan hasil kerajinan seperti kerajinan tangan Rajapolah payung gelis, Gobras kelom gelis, Cikoneng makanan ringan dan samak/tikar, Kawalu bordiran. 

Kawalu adalah sebuah kecamatan dikota Tasikmlaya, provinsi jawabarat, indonesia. Ibu kota kecamatan ini berada dikelurahan kersamenak.Kecamatan kawalu tasikmalaya ini dikenal sebagai daerah home industry, dengan kurang lebih 33 sentra bordir yang tersebar di 10 kelurahan (kelurahan tanjung, karsamenak, saguling, cibeuti, cilamajang, talagasari, gunung tandala, karang anyar dan karikil). Hampir semua penduduk bermata pencaharian membuat bordir.

Salah satu pusat pengepul produk bordiran ini adalah Tanah Abang, Jakarta kemudian produk bordir disebar ke Nusantara hingga mancanegara. Produk bordir ini sudah merambah ke negeri jiran
Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam hingga negara-negara timur tengah. Adapun gaya bordiran yang diterapkan pada kain adalah serapan dari kebudayaan Tiongkok. Dari beberapa modifikasi dan penyesuain bahan yang dilakukan terpadu dalam produk Taplak meja bordir, sarung bantal, seprei, tunik, selendang,  kerudung, kebaya, mukena, baju gamis, baju koko, kopiah dan busana muslim lainnya.

Hal ini menjadikan bordiran sebagai penopang kegiatan ekonomi masyarakat di kecamatan kawalu kota tasikmalaya. Akan tetapi kecamatan kawalu ini masih terbatas dengan alat tranfortasi umum, jadi jika ingin berkunjung ke kecamatan kawalu ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, Taxsi, ataupun Gojeg. Jika hanya ingin sekedar membeli dan melihat produk, sudah banyak marketplace, website, blog, dan marketing online lainnya yang digunakan untuk sarana penjualan produk dari bordiran ini. mulai dari bos besar hingga penduduk dari kecamatan kawalu ini memiliki akses online untuk berjualan.

Bordiaran di kecamatan kawalu ini patut di acungi jempol dan dipelajari ilmu-ilmu home industrynya untuk membantu menopang kegiatan ekonomi masyarakat di kota-kota lain.Sama halnya seperti Kota Bandung yang kreatifnya tanpa batas untuk menciptakan produk atau kreasi terbaru untuk menjadi wirausaha yang sejahtera. 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmum pengetahuan tanpa batas. Mohon maaf bila ada salah kata atau informasi yang masih amemiliki banyak kekurangan. Terimakasih telah berkunjung dan sampai ketemu lagi di informasi selanjutnya di blog Busana Muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar