Sabtu, 04 Juni 2016

Mengenal Beberapa Masjid Yang Berada Di Korea Selatan

Perkembangan Islam dari awal sampai sekarang sangat lah tidak mudah, dilihat dari bebarapa perbedaan budaya, adat masyarakat jauh berbeda dengan islam. Akan tetapi hal itu tidak membuat dakwah dan mensyiarkan agama islam di korea berhenti begitu saja. Terbukti sekarang-sekarang terdengar lagi beberapa kabar atau informasi tentang perkembangan islman dikorea. Salah satu buktinya adalah beberapa masjid dikorea yang menjadi tempat Ibadah masyarakat muslim dikorea.

Masjid Sentral Soul
Masjid Sentral Soul, terletak di pusat kota Soul di Itaewon yang merupakan masjid permanen pertama yang berada di Korea selatan. Masjid ini dibangun pada tahun 1976 yang merupakan masjid satu-satunya
di seoul. Masjid ini didirikan dengan bantuan dari pemerintahan korea dan kontribusi moneter yang besar dari Arab Saudi dan negara-negara islam lainnya. masjid Sentral soul memiliki 3 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk lantai pertama terdapat kantor federasi muslim korea dan ruang pertemuan. Lantai kedua dan ketiga digunakan untuk shalat. Ditempat ini juga terdapat madrasah yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan islam bagi anak-anak, Pusat penelitian kebudayaan islam dan organisasi islam lainnya.
Masjid Busan
Masjid Busan dibangun pada tahun 1980, dengan dukungan dana dari Alli Fellaq, mantan mentri keuangan Libya.Masjid ini berada di namsan-dong Keumjoeng-ku, Busan. Masjid ini menyediakan perpustakaan yang memberikan bayak bahan materi dan audio yang dapat dipinjam. Selain itu para jama'ah dapat bertemu dan bertanya banyak hal kepada kepala masjid atau Imam masjid.
Masjid Gwangju
Masjid Gwangju dibuka pada tahun 1981 adalah masjid ketiga yang dibangun di korea, terletak di Yeok-dong, Gwangju, Gyeonggi-do. Merupakan satu-satunya masjid di Gwangju dan masjid ini biasanya terdapat berbagai jama'ah dari berbagai negara. Masjid ini di kelola oleh Korea Muslim Frederation dan menjhadi pusat dakwah islam di Gwangju. Korea Muslim Federation atau KMF ini mewakili umat islam dan melindungi kepentingan mereka di korea.
Masjid Ansan
Masjid Ansan yang berasal dari Bangladesh berada di Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do yang di pilih oleh para Imigran Islam korea selatan . Masjid ini biasanya digunakan oleh para Imigran Muslim dari Bangladesh, pakistan dan Indonesia yang bekerja di dekat Komleks industryy Ansan.

Masjid Jeonju
Jeonju merupakan kota yang memiliki tradisi dan seni korea dengan harmoni yang indah. Keharmonian tersebut, ditunjukkan pula pada Masjid Jeonju yang memiliki arsitektur Korea dan Islam. Masjid ini memiliki atap yang berupa perpaduan atap khas korea dan kubah khas Islam. Masjid ini berada di Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do. Pemimpin di Masjid ini berasal dari Bangladesh, yang dipilih oleh para imigran Islam di Korea Selatan. Masjid ini biasanya digunakan oleh para imigran Muslim dari Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia yang bekerja di dekat Kompleks Industri Ansan.
Masjid Anyang
Masjid Anyang beralamat di Anyang 5-dong, Anyang-si Gyonggi-do, tidak jauh dari soul sama seperti masjid Ansan Masjid ini digunakan oleh para imigran dari bangladesh dan pakistin yang beribadah di masjid ini.
Masjid Bupyeong
Masjid Bupyeong Merupakan tempat ibadah muslim yang bekerja di daerah incheon dan sekitarnya termasuk komleks Industri namdong di Incheon., Masjid ini terletak di ujung timur Incheon atau antara seoul dan Incheon yang beralamatkan di sipjeong-dong, Bupyeong-gu, Incheon.
Masjid Paju
Masjid Paju terletak di dekat sungai Injin diantara Seoul dan kota Kaesong korea utara. Kota ini merupakan sebuah Kompleks teknologi tercanggih dikorea.Masjid Paju, biasanya dikunjungi oleh umat Muslim yang berasal dari Pakistan dan Bangladesh yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Masjid ini beralamat di Yeongtae-ri, Wonreung-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do.

 Demikian beberapa informasi masjid yang berada di korea selatan yang bisa dijadikan tempat singgahan untuk melaksanakan kewajiban ibadah ketika behrada di korea selatan. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah wawasan pengetahun. Mohon maaf bila ada salah kata ataupun informasi yang memiliki kekurangan. Trimakasih telah berkunjung dan nantikan informasi selanjutnya di blog Busana Muslim. Barakallah Fii Umrik...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar