Kamis, 19 Mei 2016

Adab Berpakaian Wanita Muslim

Islam melarang umatnya berpakaian terlalu tipis atau ketat yang menjadikan bentuk tubuh terlihat, karena fungsi utama hijaba adalah untuk menutup aurat. Rosululloh SAW bersabda " Ada dua golongan dari ahli neraka yang belum pernah saya lihat keduanya, yaitu 1) kaum yang membawa cambuk seperti seekor sapi yang mereka pakai buat memukul orang (penguasa yang kejam, 2) perempuan-perempuan yang berpakaian, tetapi telanjang, yang cenderung kepada perbuatan maksiat, rambutnya sebesar punuk unta. Mereka itu tidak bisa masuk surga dan tidak akan mencium bau surga padahal bau surga itu dapat tercium sejauh perjalanan demikian dan demikian.” (HR Muslim)
Ressy Busana Muslim
Kesimpulan yang diambil dari hadist diatas " kaum yang membawa cambuk seperti seekor sapi " adalah
perempuan-perempuan yang suka memakai atau menggunakan rambut sambungan, denganmaksud agar rambutnya tampak banyak dan panjang sebagaimana wanita lainnya. " rambutnya seperti atau sebesar punuk unta " adalah sebutan bagi wanita yang suka menyanggul rambutnya. Kedua macam cara tersebut adalah termasuk perkara yang tercela dalam islam. Mereka dikatakan berpakaian karena memang mereka menempelkan pakaian pada tubuhnya, tetapi pakaian tersebut tidak berfungsi sebagai penutup aurat, oleh karena itu mereka dikatakan telanjang.

Ciri-ciri berbusana muslim diluar rumah :
  • Pakaian itu haruslah menutup aurat sebagaimana yang dikehendaki syariat.
  • Pakaian itu tidak terlalu tipis sehingga kelihatan bayang-bayang tubuh badan dari luar.
  • Pakaian itu tidak ketat atau sempit tapi longgar dan enak dipakai. la haruslah menutup bagian-bagian bentuk badan yang menggiurkan nafsu laki-laki.
  • Warna pakaian tsb suram atau gelap seperti hitam, kelabu asap atau perang.
  • Pakaian itu tidak sekali-kali dipakai dengan bau-bauan yang harum
  • Pakaian itu tdak ‘bertasyabbuh’ (bersamaan atau menyerupai)dengan pakaian laki-laki yaitu tidak meniru-niru atau menyerupai pakaian laki-laki.
  • Pakaian itu tidak menyerupai pakaian perempuan-perempuan kafir dan musyrik.
  • Pakaian itu bukanlah pakaian untuk bermegah-megah atau untuk menunjuk-nunjuk atau berhias-hias.
Itulah beberapa informasi tentang adab berpakaian seorang muslim, dimana semua yang dikehendaki syariat islam. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dalam keseharian ataupun dalam menambah wawasan. Silahkan kunjungi toko kami dan lihat koleksi busana muslim kami di Ressy Busana Muslim . Com terdapat beberapa kategori :
dan masih banyak lagi yang lainnya. sampai jumpa lagi. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar